Apa Itu Dividen dan Bagaimana Cara Mendapatkannya dari Investasi Saham

Strategi Sukses dalam Bisnis: Membangun Fondasi yang Kuat untuk Pertumbuhan yang Berkelanjutan
Strategi Sukses dalam Bisnis: Membangun Fondasi yang Kuat untuk Pertumbuhan yang Berkelanjutan/Photo by unplash

Megaspots4u.com – Apa itu dividen dan bagaimana cara mendapatkannya dari investasi saham?

Dividen adalah pembagian keuntungan atau laba yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki.

Dividen berasal dari keuntungan perusahaan dalam menjalankan usaha dan diputuskan oleh dewan direksi perusahaan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Dividen dapat dibagikan dengan interval waktu yang tetap atau tambahan dan ada dua jenis dividen, yaitu dividen tunai dan dividen saham.

Dividen tunai adalah dividen yang dibayarkan dalam bentuk uang tunai kepada pemegang saham. Dividen tunai biasanya dihitung berdasarkan nilai rupiah tertentu untuk setiap saham.

Dividen saham adalah dividen yang dibayarkan dalam bentuk saham tambahan kepada pemegang saham. Dividen saham biasanya dihitung berdasarkan rasio tertentu untuk setiap saham lama.

Dividen saham dapat meningkatkan jumlah saham beredar dan menurunkan harga saham, tetapi tidak mempengaruhi nilai perusahaan.

Untuk mendapatkan dividen dari investasi saham, pemegang saham harus memperhatikan beberapa jadwal penting, yaitu cum date, ex date, recording date, dan payment date.

Cum date adalah tanggal terakhir untuk membeli saham agar berhak mendapatkan dividen. Ex date adalah tanggal pertama untuk tidak mendapatkan hak dividen jika membeli saham.

Recording date adalah tanggal pencatatan nama-nama pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Payment date adalah tanggal pembayaran dividen oleh perusahaan kepada pemegang saham.

Dividen merupakan salah satu keuntungan dari investasi saham selain capital gain atau kenaikan harga saham.

Dividen menunjukkan kinerja positif perusahaan dan memberikan penghasilan pasif bagi pemegang saham. Namun, dividen juga bergantung pada kondisi perusahaan dan kebijakan dewan direksi.

Ada perusahaan yang membukukan laba tetapi tidak membagikan dividen karena menggunakan laba tersebut untuk modal tambahan atau ekspansi bisnis.

See also  Tips Melindungi Data Pribadi Anda Saat Berbisnis Online

Oleh karena itu, pemegang saham harus memilih perusahaan yang konsisten dan stabil dalam membayar dividen serta memiliki prospek bisnis yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *