Buah Naga Merah vs Buah Naga Putih: Mana yang Lebih Baik?

Buah Naga Merah vs Buah Naga Putih: Mana yang Lebih Baik?
Buah Naga Merah vs Buah Naga Putih: Mana yang Lebih Baik?

Megasports4u.com – Buah naga adalah salah satu buah tropis yang memiliki bentuk dan warna yang menarik. Buah ini memiliki kulit yang berwarna merah dengan sisik-sisik yang menyerupai kulit naga. Daging buahnya pun bervariasi, ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah. Kedua jenis buah naga ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, serta kaya akan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan.

Namun, apakah ada perbedaan antara buah naga merah dan buah naga putih? Manakah yang lebih baik untuk dikonsumsi? Berikut ini adalah beberapa perbedaan dan perbandingan antara buah naga merah dan buah naga putih.

Perbedaan Buah Naga Merah dan Putih

Buah naga merah dan buah naga putih sebenarnya berasal dari spesies tanaman yang berbeda. Buah naga merah memiliki nama latin Hylocereus costaricensis, sedangkan buah naga putih adalah Hylocereus undatus. Kedua tanaman ini termasuk dalam keluarga kaktus, yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Dari segi penampilan, buah naga merah dan buah naga putih memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

  • Warna kulit. Buah naga merah memiliki kulit berwarna merah gelap, sedangkan warna kulit buah naga putih adalah merah cerah.
  • Jumlah sisik. Buah naga merah memiliki sisik yang lebih banyak dibandingkan dengan buah naga putih. Sisik buah naga merah juga lebih sempit, melengkung, dan berwarna lebih gelap.
  • Warna daging. Ini adalah perbedaan yang paling mencolok antara buah naga merah dan buah naga putih. Buah naga merah memiliki daging berwarna merah pekat, sedangkan buah naga putih memiliki daging berwarna putih. Kedua jenis buah ini juga memiliki biji hitam kecil yang bisa dimakan.
  • Rasa. Buah naga merah cenderung memiliki rasa yang lebih manis dan kuat dibandingkan dengan buah naga putih. Buah naga putih memiliki rasa yang lebih ringan dan segar, seperti campuran dari buah pir, kiwi, dan semangka.

Perbandingan Nutrisi Buah Naga Merah dan Putih

Buah naga merah dan buah naga putih sama-sama mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti serat, protein, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, dan antioksidan . Namun, ada beberapa perbedaan dalam kandungan nutrisi antara kedua jenis buah ini.

Berikut ini adalah perbandingan nutrisi antara 100 gram buah naga merah dan 100 gram buah naga putih:

NutrisiBuah Naga MerahBuah Naga Putih
Air85.7 gram87 gram
Energi71 kkal50 kkal
Protein1.7 gram1.18 gram
Lemak3.1 gram0.19 gram
Karbohidrat9.1 gram10.6 gram
Serat3.2 gram2.9 gram
Kalsium13 miligram18 miligram
Fosfor14 miligram
Zat besi0.4 miligram0.74 miligram
Natrium10 miligram
Magnesium40 miligram
Vitamin C2.5 miligram

Dari tabel di atas, terlihat bahwa buah naga merah memiliki kandungan air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan fosfor yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah naga putih. Sedangkan buah naga putih memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah naga merah.

Manfaat Buah Naga Merah dan Putih untuk Kesehatan

Buah naga merah dan buah naga putih memiliki manfaat yang serupa untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dan air dalam buah naga dapat membantu memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit. Buah naga juga mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.
  • Mencegah kerusakan sel tubuh. Kandungan antioksidan dalam buah naga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah zat asing yang dapat menyebabkan penuaan dini, peradangan, dan penyakit kronis, seperti kanker.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Buah naga memiliki kandungan lemak yang rendah dan serat yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kolesterol jahat dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit, tulang, gigi, dan gusi.
  • Menjaga berat badan. Buah naga memiliki kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Ini dapat mencegah makan berlebihan atau ngemil tidak sehat. Buah naga juga mengandung enzim tiramin, yang dapat merangsang hormon leptin untuk mengatur nafsu makan.

Kesimpulan

Buah naga merah dan buah naga putih adalah dua jenis buah tropis yang memiliki perbedaan dalam penampilan, rasa, dan nutrisi. Kedua jenis buah ini sama-sama bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung serat, protein, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, dan antioksidan.

Namun, buah naga merah cenderung memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah naga putih karena memiliki kandungan air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan fosfor yang lebih tinggi. Buah naga merah juga memiliki rasa yang lebih manis dan kuat dibandingkan dengan buah naga putih.

Jadi, manakah yang lebih baik untuk dikonsumsi? Jawabannya tergantung pada selera dan kebutuhan nutrisi masing-masing orang. Yang pasti, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan, sel tubuh, kolesterol, kekebalan tubuh, dan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *