VIRAL  

Keracunan Makanan? Viral tentang Latiao, Bagaimana Titik Kritisnya

Viral tentang Latiao, Bagaimana Titik Kritisnya?

Baru-baru ini, produk snack bernama Latiao menjadi viral di media sosial karena beredarnya informasi mengenai kehalalannya. Banyak pertanyaan dan keraguan muncul dari masyarakat terkait status halal produk ini.

Menurut LPPOM MUI, terdapat beberapa titik kritis kehalalan dalam produk Latiao, di antaranya:

1. Gula sebagai penambah rasa:

Titik kritisnya terletak pada proses pemutihan gula yang kerap menggunakan karbon aktif. Karbon aktif ini bisa berasal dari berbagai sumber, seperti tempurung kelapa, serbuk gergaji, batu bara, atau tulang hewan. Jika karbon aktif berasal dari bahan hewani, maka kehalalannya perlu dipastikan.

2. Bumbu perasa:

Bumbu perasa yang digunakan dalam Latiao bisa mengandung beberapa bahan yang perlu dikaji kehalalannya, seperti enzim, MSG, dan ekstrak daging. Enzim dan MSG umumnya berasal dari sumber nabati, namun ada kemungkinan juga berasal dari sumber hewani. Ekstrak daging harus dipastikan berasal dari hewan halal yang disembelih dengan cara syar’i.

3. Proses fermentasi:

Proses fermentasi dalam pembuatan Latiao menggunakan bakteri. Nah, sumber nitrogen untuk perbanyakan bakteri ini biasanya menggunakan pepton. Pepton ini dapat berasal dari unsur hewani, sehingga perlu dipastikan kehalalannya.

Untuk memastikan kehalalan produk Latiao, LPPOM MUI telah melakukan audit terhadap PT. Garudafood Putra Putri Jaya, Tbk. selaku produsen Latiao. Hasil audit menunjukkan bahwa produk Latiao memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI dengan nomor 00060091261217.

Sertifikat halal ini menandakan bahwa produk Latiao telah memenuhi standar kehalalan yang ditetapkan oleh MUI, termasuk dalam hal bahan baku, proses produksi, dan sistem jaminan halal.

See also  Nune Viral 9 Menit Asli Link: Fakta atau Sensasi?

Namun, perlu diingat bahwa sertifikat halal ini hanya berlaku untuk produk Latiao yang diproduksi oleh PT. Garudafood Putra Putri Jaya, Tbk. dengan nomor sertifikat yang tertera. Konsumen perlu memastikan bahwa produk Latiao yang dibeli memiliki logo halal dan nomor sertifikat yang sama.

Berikut beberapa tips untuk memastikan kehalalan produk Latiao:

  • Pastikan produk Latiao memiliki logo halal MUI dan nomor sertifikat yang valid.
  • Beli produk Latiao dari sumber yang terpercaya.
  • Hubungi LPPOM MUI jika Anda memiliki keraguan tentang kehalalan produk Latiao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *